7 Langkah Melihat Arsip Tweet di Twitter

بسم الله الرحمن الرحيم

Sekarang ini, Twtter menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan dan populer. Cukup banyak juga user yang telah menggunakan Twitter sejak beberapa tahun yang lalu, dan bisa jadi di antara user tersebut ada yang ingin kembali melihat Tweets lama, bahkan tweet pertama. Banyak situs-situs yang menyediakan layanan agar kita bisa melihat kembali tweet lama kita, namun seringkali caranya tidak mudah (agak ribet). Nah, untungnya Twitter telah menyediakan layanan agar kita bisa melihat kembali Tweets kita, bahkan dari tweet pertama kita. Caranya cukup mudah, akan kami jelaskan dengan langkah-langkah di bawah

1. Masuk ke laman Settings di Twitter
Langkah 1: Klik menu Settings
















2. Setelah memasuki laman Settings, selanjutnya scroll sampai ke paling bawah, nanti akan ada tulisan "Your Twitter archive", lalu klik tombol "Request your archive" di sebelahnya. Lalu akan muncul pop-up, kemudian klik tombol Close

Langkah 2-1: Klik Tombol "Request your archive"
Langkah 2-2: Klik Tombol Close





































3. Lalu, buka e-mail anda, kemudian buka e-mail yang Twitter kirim.

Langkah 3: Buka e-mail, dan klik e-mail dari Twitter

4. Setelah anda  buka e-mail tersebut, maka ada dua cara untuk mengunduh (download) arsip Twitter anda, yaitu dengan mengklik tombol "Go Now" atau mengklik link / alamat di bawahnya.

Langkah 4: Klik salah satu dari dua cara: Tombol "Go Now" atau Link di bawahnya



5. Setelah anda klik salah satunya, maka akan muncul tab baru di browser mengarah ke laman untuk mengunduh arsip Twitter anda.
Setelah masuk ke laman tersebut, tekan tombol "Download".
Langkah 5: Klik Tombol "Download"












6. Setelah mengunduhnya, ekstrak file tersebut.
Langkah 6-1: Ekstrak File hasil unduhan








Lalu setelah diekstrak, klik file index.html


Langkah 6-2: Klik file index.html











7. Klik file tersebut sehingga akan muncul di browser arsip dari tweets kita (ini bersifat offline - tak membutuhkan koneksi Internet).















Di bagian kiri, bisa dilihat Tweets pada bulan yang dipilih. Untuk memilih arsip dari bulan tertentu, bisa dipilih di bagian sebelah kanan, terdapat tahun-tahun serta bars frekuensi tweets kita setiap bulannya, tinggal diklik dan kita bisa melihat arsip dari Tweets kita selama berkicau di Twitter.

Sekian Tutorial Cara Melihat Arsip Twitter, selamat menjelajahi kembali kicauan-kicauan lama anda dan Semoga Bermanfaat.




No comments:

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas