Belajar Ngeblog (1): Apa itu Blog? Kenapa Ngeblog?

بسم الله الرحمن الرحيم

Heyhoooo, Semoga Bermanfaat sudah menginjak tahun keempat pada Juli kemarin, nah meski belum terlalu lama, namun pastinya ada pengalaman yang bisa kami bagi untuk pembaca semua. Karenanya, insya Allah kami akan membuat beberapa tulisan mengenai Belajar Ngeblog.
Tapi, bukan berarti kami sudah hebat dalam ngeblog, tapi di sini kita belajar bersama tentang blog. Karenanya, mari berdiskusi tentang blog.

Images-cr: ukhumanrightsblog.com


Oke, untuk edisi belajar ngeblog yang pertama ini kita mulai dulu dengan Apa itu Blog?
Blog adalah kependekan dari Web Log , yaitu tulisan-tulisan (posts) yang dimuat di internet - laman umum dengan biasanya berurutan terbalik (yang baru dulu lalu diikuti yang lama). Tulisan-tulisan ini pun dapat diakses oleh umum.

Nah lalu mengapa ngeblog (blogging)?
Ada banyak alasan orang ngeblog, di antaranya sebagai berikut:
Blog seringkali digunakan sebagai media informasi serta media berbagi, banyak orang menuliskan berbagai informasi dengan berbagai topik di blog. Ada yang menuliskan informasi mengenai suatu kejadian, ataupun komentarnya tentang kejadian tersebut, ada pula yang menuliskan kembali sesuatu yang telah didapat di kehidupan sehari-hari, seperti pengalaman pribadi, pelajaran yang di dapat di sekolah, atau pun di perkuliahan.

  • Sebagai media bisnis, jual-beli, promosi barang dan sejenisnya
Saat ini, blog sudah menjadi salah satu sarana untuk meraih uang, selain dari iklan yang ditampilkan, juga menjadi tempat toko online yang menjual berbagai barang, dari mulai pakaian, buku, perlengkapan olahraga dan sebagainya. Blog juga digunakan untuk mempromosikan barang-barang, serta sebagai media jual-beli.

  • Tempat Curhat
Yak, gak sedikit juga kita temukan blog yang berisikan curhat-curhat si blogger tersebut. Boleh-boleh saja tentunya, karena biasanya orang lebih puas untuk mencurahkan isi hatinya baik kepada orang lain maupun tulisan, namun perlu diingat saja, bahwa blog dapat dilihat oleh semua orang (kecuali memang diatur hanya dia atau beberapa orang yang bisa melihatnya), sehingga bisa jadi kurang aman bagi privasi. Tapi ya tadi, tak ada yang melarang.

  • Berbagi lagu, video, foto
Nah, bisa juga kita temukan blog-blog yang berisikan video, foto-foto atau lagu. Maka, blog ini seolah-olah menjadi Cyber Gallery bagi mereka yang menyukai fotografi, bahkan ada banyak yang menyediakan template khusus untuk foto-foto, begitu juga dengan video.

Blog juga sering digunakan untuk berbagi kisah, beragam jenis. Ada pula yang menuliskan cerpen-cerpen buatannya atau cerita-cerita yang dia buat.

  • Dakwah
Sering kita temukan juga blog-blog yang berisikan dakwah atau seruan pada Islam, baik itu tentang ibadah, seputar dunia keislaman, maupun hal-hal lainnya yang bertujuan untuk menyebarluaskan Islam.

Yaaa itu sedikit dari banyaknya alasan orang untuk ngeblog. Nah, kalau untuk blog ini sendiri dibuat untuk berbagi sesuatu yang diharapkan dapat bermanfaat bagi para pembacanya.
Oke, itu untuk Belajar Ngeblog edisi pertama ini. Nah, bagaimana dengan alasanmu untuk ngeblog?

No comments:

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas