Emulator Android (1) : Pengenalan BlueStacks

بسم الله الرحمن الرحيم
Android, merupakan salah satu OS (Operating System) yang sedang berkembang pesat dan tentunya banyak diminati pada beberapa tahun kebelakang. Banyak orang yang berbondong-bondong untuk membeli sebuah gadget (smartphone, tablet, dll.) yang memiliki OS Android, entah itu memang digunakan untuk memenuhi kebutuhan (contoh: untuk pekerjaan) atau sekedar untuk bergaya saja. Dan tidak sedikit orang yang ingin mencoba, tapi belum sanggup untuk membeli gadget yang memiliki OS Android.
Namun, itu bukanlah suatu masalah lagi sekarang, karena sebuah developer telah membuat suatu software yang memungkinkan untuk menjalankan OS yang memiliki logo berupa robot berwarna hijau ini di OS lainnya (Windows dan Mac), atau bisa juga disebut dengan Emulator Android. Software ini bernama BlueStacks. Apa itu BlueStacks? Berikut kutipan dari website official-nya :
BlueStacks App Player lets you run apps from your phone fast and fullscreen on Windows and Mac.

Over 5 million people around the world use top apps like Angry Birds Space, Kik Messenger, Where's My Water and more on their laptops with BlueStacks.
It took 10 engineers two years to build the complex "LayerCake" technology that enables this to happen – but you get to experience it free while in beta. You can download App Player now at BlueStacks.com
Jadi, pada intinya software ini dapat menjalankan berbagai aplikasi Android pada Windows atau Mac. Apakah anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini? Jika ya, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Download aplikasi BlueStacks di official websitenya BlueStacks.com, setelah dibuka, download aplikasi tersebut dengan terlebih dahulu memilih sesuai OS yang anda gunakan pada komputer anda. (Ket: Jika OS anda Windows, pilih yang dilingkari merah, jika OS anda Mac, pilih yang dilingkari biru)
  2. Langkah 1 : Download BlueStacks
    Setelah proses download selesai, maka jalankan program tersebut.
    Langkah 2.1 : Install program BlueStacks
    Namun yang kita download tadi itu hanya installer-nya saja, tidak full package, oleh sebab itu, ketika sedang menginstall pastikan tetap terkoneksi dengan internet.
    Langkah 2.2 : Tunggu hingga proses instalasi selesai
  3. Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul shortcut pada halaman desktop anda, jalankan program tersebut.
    Langkah 3.1 : Jalankan program BlueStacks
    Ketika program berhasil dijalankan, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :
    Langkah 3.2 : Tampilan BlueStacks
Sekian pengenalan yang dapat saya berikan mengenai Emulator Android : BlueStacks, pada kesempatan berikutnya, insya allah saya akan membahas beberapa fitur yang terdapat dalam software tersebut.

Selamat mencoba!
Semoga Bermanfaat :D

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas